Tips / Artikel - 19 April 2022

Mengenal Ragam Manfaat Load Bank untuk Operasional Industri

Setiap perusahaan membutuhkan listrik untuk menjalankan bisnisnya. Penggunaan load bank sangat dibutuhkan agar listrik tetap mengalir. Load bank adalah perangkat yang digunakan untuk mengembangkan beban listrik. Sehingga beban operasional yang dibutuhkan industri dapat dikelola secara efisien dan dikontrol melalui satu sistem. Beberapa manfaat alat ini bagi operasional industri antara lain :

Memindahkan Beban Kinerja Generator

Jika crane dioperasikan dengan menggunakan generator, maka kemungkinan besar generator akan mengalami overspeed karena beban yang berukuran besar akan menyebabkan hilangnya beban kejut secara mendadak. Test load bisa mengatasi hal tersebut dengan menguji beban crane dan mencegah terganggunya kestabilan generator yang sedang beroperasi

Load Bank Tes Mesin Diesel dan Turbin

Test load genset dan turbin serta mengukur kesesuaian spesifikasi mesin diesel dengan kapasitas sesungguhnya. Setelah mesin diesel, turbin, dan genset dioperasikan selama lebih dari 14.000 jam, maka penggunaan load bank akan dimulai untuk menguji penurunan kemampuan ketiga perangkat tersebut. Sehingga, Anda bisa mengenali performa mesin diesel dan menjadikannya sebagai acuan servis berkala.

Mendukung Tes Sinkronisasi Mesin

Menguji  kinerja mesin-mesin kelistrikan, agar  berjalan lancar, perlu dilakukan tes sinkronisasi. Sebelum memulai, setting terlebih dahulu pada load bank sesuai dengan desain yang ada. Hal ini bertujuan agar tes sinkronisasi berjalan lancar dan penggunaan listrik operasional industri tidak akan terganggu.

Menguji Sistem UPS dan Baterai

Uninterruptible Power Supply atau UPS sangat penting untuk mencegah kerusakan sistem mesin dalam sektor industri. Maka dari itu, sistem UPS dan baterai wajib diuji secara berkala dengan menggunakan load bank. Tujuannya, agar kapasitas dan kualitas UPS untuk industri bisa menjaga kestabilan sistem mesin.

Itulah beberapa manfaat dari alat ini untuk dunia industri. Sewatama menyediakan layanan sewa loadbank berkualitas dengan kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan load bank Sewatama, proses operasional industri akan menjadi semakin efektif karena Anda tidak perlu fokus dalam menjaga kestabilan sistem listrik. Sehingga, produktivitas industri akan terjaga melalui persiapan kebutuhan listrik yang cermat.

Berita & Update Lainnya

Listrik merupakan elemen penting yang dibutuhkan kehadirannya dalam seti...
Jakarta 30 November 2016— Sejak mengeluarkan obligasi tahun 2012...
Jakarta, September 2017— PT Sumberdaya Sewatama (idx: S...

Beri tahu apa yang Anda butuhkan

Kami akan membantu memberikan solusi untuk anda