sewa genset untuk event

Ingin Sewa Genset Untuk Event Outdoor? Perhitungkan dulu Listrik yang Dibutuhkan

Mengikuti jejak rekam jasa teknisi genset yang berpengalaman di lapangan serta bersertifikasi, pastinya banyak hal yang bisa dipelajari dan dibagikan. Salah satu yang paling menantang adalah bagaimana menghadirkan listrik dalam event outdoor, apalagi jika harus dilakukan di daerah yang terpencil dan di alam bebas. Sewatama sebagai jasa sewa genset untuk event mendapati bahwa komponen event outdoor yang paling membutuhkan pasokan listrik terbesar adalah lighting (54%) atau pencahayaan, yang kemudian diikuti oleh video (27%) dan terakhir audio (19%).

Dalam situasi event outdoor, tantangannya lebih besar karena acara berlangsung singkat tapi semua harus terlaksana dengan optimal. Di sinilah penting bagi pembuat acara untuk memilih jasa sewa genset untuk event yang berpengalaman dan bersertifikasi seperti Sewatama. Sebelum menghubungi jasa teknisi genset atau sewa genset untuk event, ada baiknya memahami dulu berapa banyak kebutuhan listrik yang diperlukan dalam sebuah event outdoor. Berikut cara sederhana untuk menghitungnya:

  1. Menghitung total watt (KW)

Untuk menghitung ukuran generator yang dibutuhkan, perlu diketahui dulu jumlah total watt yang dibutuhkan. Dengan membuat daftar lengkap berisi setiap perlengkapan yang membutuhkan listrik seperti pencahayaan, pemanas, peralatan katering, peralatan musik. Jika sudah ditemukan jumlah total watt yang diperlukan, kebutuhan daya listrik yang diperlukan juga bisa mulai terlihat.

  1. Cari tahu jumlah KVA yang dibutuhkan

Biasanya, tingkat standar internasional untuk generator adalah faktor daya (atau power factor, yang disingkat pf) 0,8. Ini berarti bahwa generator umumnya 80% efisien dan harus diperhitungkan ketika memilih ukuran genset yang diperlukan. Faktor daya sangat penting untuk mencocokkan ukuran beban (watt) dengan ukuran generator yang dibutuhkan, misalnya, generator yang dengan kemampuan 60kVA dan memiliki 0,8pf akan terlalu kecil untuk peralatan listrik yang membutuhkan daya listrik pada realitanya yang sebesar 60kW.

Tergantung jenis event outdoor, masing-masing akan membutuhkan jenis genset yang berbeda-beda pula. Festival, misalnya, memutar musik keras dan lampu berkedip sepanjang hari. Di sisi lain, pertemuan bisnis mungkin hanya perlu menyalakan lampu internal dan mesin komputer untuk tugas kelompok. Daya diukur dalam KVA, yang merupakan ukuran daya nyata. Informasi ini membantu mengetahui jumlah total penggunaan daya dalam suatu sistem.

Ketika sewa genset untuk event, biasanya disarankan untuk menggunakan antara 20KVA dan 1500KVA. Tapi lebih disarankan lagi untuk menghubungi perusahaan penyedia rental genset yang profesional seperti Sewatama karena tidak semua event outdoor seperti festival, rapat, atau pernikahan membutuhkan jumlah listrik yang sama.

Berikutnya yang juga tak kalah penting untuk dilakukan adalah mengimplementasikan rencana-rencana cadangan agar aliran listrik tetap terjaga selama event berlangsung. Jasa teknisi genset berpengalaman merekomendasi keempat hal penting ini:

  1. Menyewa genset cadangan

Dengan adanya genset cadangan, bisa dipastikan event outdoor akan berjalan lebih lancar meskipun terjadi kegagalan unit utama. Hal in berarti menghemat uang dan waktu berharga juga.

  1. Mempersiapkan peralatan keselamatan tambahan

Jasa teknisi genset profesional seperti Sewatama selalu siap dengan tangki bahan bakar untuk membantu mencegah tumpahan yang berpotensi berbahaya dan menjaga lingkungan sekitar aman setiap saat. Sewatama akan selalu berusaha merekomendasikan solusi yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah penggunaan green genset yang lebih tenang sehingga tidak mengganggu event ditambah asap yang lebih sedikit namun menghasilkan daya yang stabil.

Pertanyaannya sekarang, haruskah menyewa genset dan jasa teknisi genset untuk acara outdoor yang besar? Jawabannya adalah iya karena akan selalu dibutuhkan sumber daya listrik untuk menjaga siapa saja yang terlibat dalam event itu bisa terhibur dan melakukan pekerjaannya masing-masing dengan baik. Sewatama bisa memenuhi semua itu.

Corporate News

Berita