Konsultan Pembangkit Listrik

Apa itu Teknologi Ultra Super Critical Pada PLTU?

Tahukah Anda darimana energi listrik yang mengaliri rumah Anda atau gedung perkantoran berasal? Ya, energi listrik tersebut dihasilkan melalui pembangkit listrik yang dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara maupun pihak swasta untuk kemudian dialirkan ke konsumen individu atau perseroan. Pembangkit listrik yang digunakan juga bermacam-macam mulai dari PLTA, PLTU hingga penggunaan energi surya untuk menghasilkan listrik. Sebagai salahsatu perusahaan konsultan pembangkit listrik, kami dapat menejalskan secara ringkas,bagaimana teknologi pembangkit listrik berkembang saat ini.

Berbicara seputar pembangkit listrik yang digunakan di Indonesia, maka tidak bisa dilepaskan dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap berbasis Batubara. Hingga saat ini, PLTU masih menjadi andalan dalam mengalirkan energi listrik karena dinilai lebih murah dan ketersediaan batu bara yang cukup banyak di Indonesia. Pada tahun 2019, PLTU berbasis Batubara mengisi sekitar 61% pasokan energi listrik di Indonesia. Angka ini tentu sangat besar mengingat besarnya potensi energi di Indonesia dengan berbagai jenis pembangkit listrik yang bisa diaplikasikan.

Meskipun tergolong murah dan banyak digunakan, PLTU berbasis Batubara juga kerap kali dianggap mencemari lingkungan. Asap buangan dari PLTU Batubara dinilai mengandung emisi karbon yang berbahaya bagi lingkungan sekitar dan bumi secara keseluruhan. Hal ini membuat PLTU kerap kali dikritik meski dapat menghasilkan energi listrik dan mencukup mayoritas kebutuhan energi listrik secara nasional.

Untuk mengatasi isu pencemaran lingkungan, penggunaan teknologi Ultra Super Critical saat ini tengah gencar dilakukan. Teknologi ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi pembangkit listrik hingga mencapai 15% dibandingkan teknologi non USC. Teknologi Ultra Super Critical juga diklaim mampu membuat emisi yang dihasilkan PLTU jadi lebih rendah sehingga membuatnya lebih ramah lingkungan.

Teknologi Ultra Super Critical mampu meningkatkan efisiensi pembangkit listrik melalui proses pengaturan tekanan dan suhu uap yang masuk kedalam turbin. Ketika tekanan dan suhu semakin tinggi, maka tingkat efisiensi akan menjadi semakin tinggi dan membuatnya semakin rendah emisi karbon. Teknologi Ultra Super Critical (USC) mampu meningkatkan efisiensi sebesar 1,6% dibandingkan non USC. Hal inilah yang tengah gencar diterapkan di beberapa PLTU di Indonesia dimulai dari PLTU Jawa 7 yang berlokasi di Serang, Banten dan akan dilanjutkan ke beberapa PLTU lainnya. PLTU tersebut juga merupakan PLTU terbesar di Indonesia saat ini dengan total kapasitas produksi sebesar 2×1000 megawatt (MW).

Hadirnya teknologi Ultra Super Critical jelas memberikan angin segar dalam memenuhi kebutuhan energi listrik di Indonesia. Teknologi ini bisa membuat penggunaan Batubara yang cukup melimpah di Indonesia bisa lebih maksimal dalam menghasilkan energi listrik. Namun, perusahaan atau kawasan industri tetap perlu bersiaga dengan menyiapkan pembangkit listrik secara mandiri untuk mencegah terjadinya blackout. Sebagai perusahaan yang telah lebih dari 27 tahun berpengalaman di bidang kelistrikan, Sewatama bisa membantu perusahaan Anda sebagai konsultan pembangkit listrik.

Melalui layanan konsultan pembangkit listrik, Sewatama bisa memberikan masukan mengenai penggunaan pembangkit listrik yang lebih efisien dan dapat diandalkan untuk persahaan Anda. Konsultasn Pembangkit Listrik ini memebrikan beberapa layanan  yang bisa diwujudkan antara lain seperti penggunaan genset berkapasitas besar, serta pemanfaatan energi surya dan teknologi hybrid.

Selain itu, Sewatama juga memiliki layanan audit energi listrik agar bisa mencapai titik efisiensi terbaik tanpa mengurangi kebutuhan listrik perusahaan Anda. Anda juga bisa menyerahkan operasi dan maintenance pembangkit listrik yang telah dimiliki kepada Sewatama karena Sewatama memiliki tenaga ahli yang telah tersertifikasi. Dengan kata lain, segala persoalan kelistrikan perusahaan atau industri Anda bisa terpenuhi bersama Sewatama. Segera hubungi kami untuk mendapatkan solusi terbaik kelistrikan Anda.

Corporate News

News