Tips / Artikel - 19 April 2022

6 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Membuat Genset Cepat Rusak

Genset merupakan salah satu sumber listrik alternatif yang sangat penting bagi manusia. Ketika sumber listrik utama sedang bermasalah, biasanya penggunaan genset akan menjadi andalan. Karena pemilihan genset bisa disesuaikan dengan daya listrik yang dibutuhkan. Cara pengoperasiannya pun mudah dan tak membutuhkan waktu lama.

Walaupun Anda sudah sering menggunakan genset, bukan berarti Anda tak perlu berhati-hati ketika mengoperasikannya. Karena ternyata enam hal sepele berikut ini bisa membuat genset cepat rusak:

Kondisi Aki Lemah

Aki yang melemah akan membuat genset sulit dinyalakan. Padahal putaran pertama yang dipicu oleh tenaga aki sangat penting untuk mengoperasikan genset. Hal ini mengakibatkan busi gagal melakukan pembakaran pada komponen mesin genset. Sama seperti aki pada kendaraan bermotor, aki genset juga wajib diperiksa dan diganti secara teratur. Supaya kondisinya tetap prima saat Anda hendak menggunakan genset.

Genset Jarang Dipanaskan

Karena sering digunakan sebagai sumber energi alternatif, biasanya orang jadi malas memanaskan genset. Sebenarnya proses pemanasan justru sangat penting untuk menjaga kualitas aki. Anda harus menjaga agar aki senantiasa dialiri alternator. Lakukan proses pemanasan genset minimal seminggu sekali supaya genset tak lekas rusak.

Penggunaan Genset Secara Berlebihan

Jangan meremehkan waktu penggunaan genset yang tepat. Ketika membeli genset, sebaiknya Anda mencari tahu tentang waktu operasionalnya terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak menggunakan genset melebihi batas waktu tersebut. Sebab, penggunaan genset secara berlebihan tentu mempercepat kerusakan komponen-komponen di dalamnya.

Menggunakan Genset Saat Bahan Bakar Habis

Bahan bakar yang habis total saat genset dioperasikan akan membuat komponen genset tersebut lekas aus. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika Anda selalu menyiapkan bahan bakar cadangan untuk genset. Hentikan pemakaian genset lalu mulailah mengisi bahan bakar dengan jumlah secukupnya.

Komponen Pembakaran yang Tersumbat

Biasanya masalah genset yang tiba-tiba mati diakibatkan oleh lubang ventilasi bahan bakar atau katup pompa pengisi bahan bakar yang tersumbat. Bersihkan dahulu bagian-bagian genset yang tersumbat agar genset yang Anda gunakan bisa berfungsi kembali.

Penempatan Genset di Sembarang Tempat

Sebaiknya genset selalu diletakkan di tempat yang teduh dan kering. Karena sinar matahari dan air hujan bisa memperbesar risiko kerusakan genset. Tak hanya rentan berkarat, komponen-komponen dalam genset pun akan lebih cepat rapuh dan kehilangan fungsinya.

 

Ulasan ini pasti membuat Anda semakin cermat menggunakan genset. Jika belum mempunyai genset, Anda bisa menyewanya di Sewatama. Kini Sewatama memfasilitasi sewa genset Surabaya dan beberapa kota besar di Indonesia. Jaminan mutu genset dari Sewatama pasti cocok dengan kebutuhan Anda. Genset sewaan pun akan beroperasi dengan baik bila Anda telaten saat menggunakannya.

Berita & Update Lainnya

Genset merupakan pembangkit daya listrik yang tentunya memerlukan pengoperasian ...
Kebutuhan akan energi tidak akan pernah berhenti selama kehidupan masih ada. Saa...
Pemerintah terus berupaya meningkatkan pemakaian energi baru terbarukan, salah s...

Beri tahu apa yang Anda butuhkan

Kami akan membantu memberikan solusi untuk anda