Tips / Artikel - 19 April 2022

Pilih Perusahaan Terpercaya Pasang Solar Panel

Saat ini, penggunaan panel surya berkualitas untuk menghasilkan listrik secara mandiri mulai diminati banyak orang. Tidak hanya dalam skala kecil, banyak pula industri yang mulai ingin pasang solar panel untuk menghasilkan pasokan energi listrik yang bisa diandalkan. Kondisi ini tentu tidak lepas dari iklim di Indonesia yang kaya akan sinar matahari dan membuat potensi solar panel jadi semakin besar.

Dalam sebuah jurnal yang ditulis oleh NA Handayani dan D Ariyanti dari Pusat Biomassa dan Pembaruan Energi Universitas Diponegoro, dinyatakan bahwa Indonesia punya potensi tenaga surya yang besar karena memiliki iklim tropis dan berada di garis khatulistiwa. Selain itu, tingkat radiasi tenaga matahari setiap harinya juga tergolong besar yakni4kWh/m2. Hal ini membuat solar panel punya potensi besar khususnya dalam jangka waktu yang lama.

Besarnya potensi tenaga surya di Indonesia perlu dipertimbangkan dengan matang oleh para pelaku bisnis. Solar panel bisa menjadi alternatif sumber energi listrik terbaik karena tergolong energi terbarukan. Namun, pemasangan solar panel tidak bisa dilakukan sembarangan. Dibutuhkan tenaga khusus agar bisa dihasilkan pasokan listrik yang sesuai kebutuhan dan dapat diandalkan.

Mendapatkan perusahaan yang terpercaya untuk pasang solar panel tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

Periksa sertifikasi perusahaan

Perusahaan yang terpercaya untuk memasang solar panel tentu telah tersertifikasi oleh badan terkait. Di Australia, Clean Energy Council merupakan badan yang bertugas untuk mengakreditasi dan mensertifikasi perusahaan pemasangan solar panel. Sementara itu, di Indonesia proses tersebut dilakukan oleh Balai Besar Teknologi Konversi Energi yang melakukan proses tersebut. BBTKE berada dibawah naungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Cek pengalaman perusahaan tersebut

Pengalaman sebuah perusahaan dalam proses pemasangan panel surya berkualitas perlu diperhatikan agar Anda bisa menemukan perusahaan yang terpercaya. Perusahaan yang telah berpengalaman selama lebih dari 5 tahun tentu bisa diandalkan dalam proses pemasangan panel surya berkualitas terutama untuk skala besar.

Perhatikan testimoni

Disamping pengalaman, Anda juga perlu memperhatikan testimoni pelanggan yang pernah menggunakan jasa perusahaan pasang solar panel. Testimoni bisa dilihat dengan memperhatikan kualitas pelayanan saat pemasangan dan pemeliharaan solar panel. Seperti halnya pemasangan, pemeliharaan solar panel juga penting untuk mendapatkan pasokan listrik yang dapat diandalkan. Untuk itu, perhatikan testimoni oleh konsumen sebelumnya agar Anda bisa merasa lebih yakin.

Perhitungkan harga yang ditawarkan

Penggunaan panel surya mungkin terasa lebih mahal jika dihitung manfaatnya dalam jangka pendek. Namun jika diperhitungkan manfaatnya selama jangka panjang, panel surya bisa jadi lebih efisien dalam mengalirkan energi listrik secara mandiri. Perhitungkan harga yang ditawarkan dan proyeksi berapa besar efisiensi yang bisa didapat dalam jangka waktu panjang. Perhitungkan juga berapa lama investasi Anda di solar panel bisa mencapai Break Even Point agar bisa mendapatkan layanan pasang solar panel dengan harga terbaik.

Sebagai perusahaan kelistrikan yang telah banyak berpengalaman, Sewatama memenuhi 4 kriteria diatas dan bisa menjadi partner terbaik jika Anda ingin pasang solar panel. Dengan pengalaman selama lebih dari 27 tahun, Sewatama telah banyak terlibat dalam proses pengadaan energi listrik di berbagai daerah di Indonesia mulai dari kota besar sampai pelosok negeri. Kami juga memiliki tenaga ahli yang telah tersertifikasi dan berpengalaman yang siap untuk melakukan pemasangan solar panel dan perawatan secara berkala. Sehingga, memiliki pembangkit listrik terbarukan untuk industri Anda bisa lebih praktis dan terpercaya bersama Sewatama.

Berita & Update Lainnya

PT Sumberdaya Sewatama (Sewatama), meresmikan renovasi Depo Gresik, Jawa...
Bio-fuel is key to our commitment in the future of sustainable environment. Sewa...
Kebutuhan energi yang semakin tinggi membuat penggunaan energi terbarukan mulai ...

Beri tahu apa yang Anda butuhkan

Kami akan membantu memberikan solusi untuk anda