Berita Perusahaan - 19 April 2022

Sewatama Dukung Bauran Energi Terbarukan Nasional

Pemenuhan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional sebesar 23 persen di tahun 2025 menjadi target Pemerintah.

Dikutip FIX JAMBI dari laman esdm.co.id, pemanfaatan jaringan listrik pintar ini sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024 dinilai sebagai salah satu solusi yang bisa diterapkan.

“Pemanfaatan smart grid atau jaringan listrik pintar dapat meningkatkan penetrasi pada pembangkit EBT terutama Variabel Renewable Energy (VRE) di sistem ketenagalistrikan,” ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif membuka konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Perusahaan Listrik Negara secara virtual, belum lama ini.

Arifin memaparkan bahwa pengembangan tahap pertama smart grid di Pulau Jawa telah dilaksanakan antara lain, di Jakarta, yakni Digital Substation Sepatan II, Digital Substation Teluk Naga II, Realibility Efficiency Optimization Center, Platform E-mobility Electric Vehicle Charging Station, dan Advance Metering Infrastructure. Kemudian di Surabaya, yakni Remote Engineering, Monitoring, Diagnostic & Optimization Centre.

Adapun, pengembangan smart grid di luar Pulau Jawa telah dilaksanakan di Pulau Selayar, Tahuna, Medang, Semau, Bali Eco Smart Grid-Lora, Smart Micro Grid-Sumba Green Island.

“Tentu saja seluruh program ini akan terus berkelanjutan sehingga Indonesia bisa menghasilkan target elektrifikasi yang sempurna, yang dapat dinikmati oleh masyarakat,” katanya.

Apalagi dalam situasi pandemi ini, masyarakat sangat membutuhkan solusi hemat energi terbarukan, sehingga diperlukan kerjasama semua pihak, baik pemerintah maupun swasta untuk membangkitkan listrik nasional.

Salah satu perusahaan swasta yang mendukung program pemerintah itu adalah PT Sumberdaya Sewatama. Perusahaan ketenagalistrikan nasional yang sudah berdiri sejak tahun 1992, kini memberikan layanan listrik terpadu diantaranya, layanan jasa perawatan panel listrik dan lainnya. Perusahaan ini didukung oleh tenaga ahli yang mumpuni dan berpengalaman dibidangnya.

Adapun jasa perawatan tersebut mulai dari pemeliharaan, dan perbaikan sistem distribusi kelistrikan seperti Gedung, Perkantoran, Hotel, Rumah Sakit, Mall, Supermarket, dan lain sebagainya.

Termasuk diantaranya yaitu perawatan panel induk kelistrikan, panel otomatis genset, panel kapasitor bank. Perawatan dilakukan secara periodik dan berkala, serta tindakan perbaikan guna mencapai tingkat keandalan sistem kelistrikan yang tinggi.

Perusahaan yang telah aktif dalam industri ketenagalistrikan selama 27 tahun ini sangat mendukung pemerintah dalam penyediaan prasarana listrik yang berkualitas dan tepat guna untuk masyarakat.

Berita & Update Lainnya

Informasi mengenai Penyampaian Rencana Pembelian Kembali Sukuk Ijarah Sumberdaya...
“Selamat Tahun Baru Semoga di 2024 memberi kita kegembiraan, kesuksesa...
Dalam bisnis, efisiensi merupakan hal penting yang terus dikejar oleh setiap per...

Beri tahu apa yang Anda butuhkan

Kami akan membantu memberikan solusi untuk anda