Perspektif Global Menghadapi Isu Energi Terkini

Kebutuhan akan energi tidak akan pernah berhenti selama kehidupan masih ada. Saat energi terus dibutuhkan, maka isu-isu seputar energi juga tidak akan pernah ada habisnya. Guna memenuhi kebutuhan energi manusia dan menjaga keseimbangan alam, berbagai perspektif global perlu dipertimbangkan terutama dalam menghadapi isu energi terkini. Berikut ini beberapa perspektif global yang saat ini perlu untuk dipertimbangkan.

Desain pasar

Semakin melimpahnya teknologi energi terbarukan dengan biaya yang kompetitih dapat mempercepat transisi menuju sistem energi yang bebas karbon, tidak terpusat dan digitalisasi. Saat ini, mempertahankan investasi dalam menjaga keamanan pasokan listrik, keandalan dan ketahanan jaringan energi listrik merupakan prioritas strategis di tiap negara. Dalam survey yang dilakukan oleh World Energy Council, didapat tanggapan bahwa inovasi merupakan kunci dalam mewujudkan peluang baru guna mengintegrasikan energi terbarukan dengan biaya yang kompetitif dalam skala yang lebih besar sekaligus memanfaatkan sistem terpusat yang telah ada. Tidak hanya inovasi teknologi, hasil survey juga menunjukkan inovasi dalam reformasi kebijakan dan peraturan juga dirasa sama pentingnya.

Elektrifikasi

Percepatan elektrifikasi masih menjadi fokus setiap negara di dunia saat ini. Kondisi ini sangat bergantung pada harga minyak dunia yang cenderung masih fluktuatif serta pengelolan transisi energi secara global. Dari hasil survey yang dilakukan oleh World Energy Council, saat ini ada 4 fokus yang tengah dilakukan dalam proses elektrifikasi yakni pengurangan emisi karbon, desentralisasi, digitalisasi dan demografi.

Kompetisi global

Berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh World Energy Council, saat ini banyak negara yang telah sadar terhadap persaingan ekosistem teknologi tinggi atau digitalisasi dibandingkan sumber daya energi. Sementara itu, salah satu kekhawatiran yaitu pada akses pada sumber daya yang membutuhkan penyimpanan listrik. Disisi lain, saat ini tren kompetisi strategi global berfokus pada teknologi baru seperti perlindungan data dan keamanan siber. Ketegangan antar negara juga menjadi fokus utama karena dapat mengganggu kompetisi strategi secara global.

Harga Komoditas

Harga komoditas masih menjadi perspektif global yang diperhatikan dalam menghadapi kelistrikan terkini, khususnya minyak dan gas yang berperan besar dalam mempengaruhi harga komoditas secara global. Sementara itu, saat ini terdapat pula komoditas lain yang perlu diperhatikan yakni kobalt dan lithium. Hal ini ditandai oleh dimasukkannya kobalt ke dalam daftar 35 komoditas mineral yang penting bagi perekonomian. Di sisi lain, tingkat penetrasi penggunaan kendaraan listrik juga sangat ditentukan oleh harga kobalt dan lithium yang mewakili hingga setengah dari biaya pembuatan kendaraan listrik. Tak hanya itu, material kobalt dan lithium juga semakin meningkat penggunaannya mengingat energi terbarukan membutuhkan penyimpaan berupa baterai berkapasitas besar yang terbuat dari kobalt dan lithium.

Demikian 4 perspektif global yang dipertimbangkan dalam menghadapi isu energi saat ini. Guna mempersiapkan perusahaan Anda terhadap isu energi terkini, pastikan Anda bekerja sama dengan perusahaan kelistrikan yang telah berpengalaman dan mengikuti inovasi saat ini seperti Sewatama.

Dengan pengalaman di bidang kelistrikan selama lebih dari 27 tahun, Sewatama siap membantu perusahaan Anda untuk tetap berinovasi dalam menghadirkan energi listrik yang terpadu dan dapat diandalkan. Melalui berbagai layanan seperti Jasa Sewa Genset atau rental genset murah, Jasa operator genset, Perawatan genset, Pemasangan solar panel hingga proses audit energi listrik, Sewatama siap membantu membuat sistem kelistrikan yang efisien dan dapat diandalkan.

Corporate News

News