jasa perawatan trafo

Memantau Kinerja Alat Kelistrikan Dari Jauh

Di era digital seperti sekarang ini, internet memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Hampir semua aktivitas kini membutuhkan internet mulai dari bekerja, belanja bahkan hingga bepergian membutuhkan koneksi internet. Bisa dikatakan bahwa Internet of things telah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang sehari-hari dan menjadikannya sebagai internet of everything. Termasuk juga dalam berbagai macam perawatan untuk kelistrikan. Misalnya perusahaan jasa perawatan trafo bisa memakai internet untuk memenatau kerja alat itu dari berbagai tempat.

Masifnya penggunaan internet saat ini tidak bisa dilepaskan dari listrik. Seluruh perangkat elektronik membutuhkan listrik agar bisa digunakan. Tak hanya itu, untuk memancarkan sinyal internet juga dibutuhkan tenaga listrik tanpa henti agar sinyal internet tetap stabil. Hal inilah yang menjadikan listrik punya peranan besar dibalik teknologi internet yang kita rasakan.

Bukan hanya listrik yang berperan besar dalam kemajuan teknologi internet saat ini. Hubungan antara internet dan listrik menjadi dua arah karena penggunaan teknologi internet dalam proses pembangkitan listrik. Internet of things tidak hanya ada dalam kehidupan sehari-hari tapi juga terdapat pada proyek pembangkitan listrik yang berperan besar dibalik internet.

Saat ini, penggunaan internet pada proyek pembangkitan listrik dapat ditemukan pada penggunaan monitoring sistem berbasis internet. Teknologi ini memungkinkan sebuah pembangkit listrik dapat dipantau dari jarak jauh dan memastikan tidak ada masalah dalam sistem pembangkitan. Dalam pengaplikasiannya, pemanfaatan internet dalam monitoring sistem pada suatu proyek pembangkitan listrik mencakup beberapa hal berikut :

  1. Start-stop control

Dari jauh, Anda bisa mengontrol start-stop pembangkitan listrik atau bagi perusahaan jasa perawatan trafo juga bisa memantau kinerja dari alat itu berdasarkan pengaturan yang telah dibuat sebelumnya.

  1. Electric Power Demand Measuring

Dalam proyek pembangkitan listrik kapasitas listrik yang dapat diproduksi bisa diperkirakan. Namun, tak jarang permintaan listrik lebih besar dari kapasitas yang dihasilkan. Monitoring sistem berbasis Internet membantu Anda untuk mengukur permintaan energi listrik pada sebuah pembangkit listrik dari jauh. Hal ini akan membantu Anda untuk mengantisipasi saat terjadinya permintaan listrik secara berlebihan.

  1. Alarm Display

Untuk menjaga kondisi pembangkit listrik agar tetap handal dan stabil, monitoring sistem sangatlah dibutuhkan. Fitur alarm display bisa sangat berguna karena akan membantu Anda untuk mengetahui apabila ada kerusakan pada sistem pembangkitan listrik secara real-time. Anda juga dapat melihat riwayat alarm untuk mengevaluasi kondisi pembangkit listrik yang Anda miliki. Semuanya bisa dipantau dari jauh dengan adanya notifikasi alarm. Begitupun bagi perusahaan jasa perawatan trafo, bisa mendeteksi bila ada gangguan dari trafo yang dipantaunya. Sinyal tersebut memberitahukan bila trafo ada gangguan.

  1. Trend Display

Disamping memantau kondisi pembangkit listrik, diperlukan juga data untuk melihat seberapa besar penggunaan daya dalam beberapa waktu terakhir. Monitoring sistem berbasis internet memungkinkan Anda untuk mendapatkan data trend pembangkit listrik secara real-time dari jarak jauh. Sehingga, Anda tetap bisa memastikan efektifitas pembangkit listrik tanpa perlu memantaunya secara langsung.

Monitoring sistem pada pembangkitan listrik merupakan teknologi terbarukan yang akan sangat membantu Anda dalam menghadirkan dan mengontrol sebuah pembangkit listrik secara terpadu. Sebagai perusahaan kelistrikan yang telah berpengalaman selama lebih dari 27 tahun, Sewatama bisa mewujudkan monitoring sistem dengan teknologi internet pada pembangkit listrik yang Anda miliki. Tidak hanya itu, Sewatama juga siap memberikan jasa perawatan trafo, jasa operator genset dan jasa rental genset untuk mendukung keandalan pembangkit listrik yang Anda butuhkan. Dengan kata lain, Sewatama siap membantu perusahaan Anda apabila membutuhkan aliran listrik yang dapat diandalkan secara terus menerus. Hal ini akan sangat membantu perusahaan Anda agar tetap teraliri listrik secara konsisten dan memastikan proses produksi tidak terhambat

Corporate News

News