Sewa Genset

Menjaga Pasokan Listrik Industri dengan Sewa Genset Harga Murah

Untuk kawasan industri yang setiap harinya memerlukan kestabilan proses dan hasil manufaktur, pasokan listrik yang stabil adalah sebuah keharusan. Begitu pentingnya sampai-sampai para pelaku industri ini mempertimbangkan pentingnya memiliki genset sendiri. Tapi apakah benar membeli genset adalah solusinya di sini? Atau jangan-jangan rental genset atau sewa genset justru solusinya?

Memang, dengan begitu banyaknya perusahaan rental genset murah, ini menandakan bahwa permintaan untuk sewa genset ada dan mungkin terus meningkat. Dari sudut pandang perusahaan rental genset murah, ada beberapa hal sebenarnya yang bisa dibagikan seputar untungnya rental genset, yaitu:

  1. Biaya awal yang dibutuhkan pasti lebih murah daripada membeli. Tidak semua perusahaan menyiapkan anggaran khusus untuk memiliki genset.

  1. Tidak perlu repot-repot melakukan perawatan sendiri dan risiko downtime bisa diminimalkan. Enaknya menyewa adalah jika generator mengalami masalah, teknisi servis tersedia dari penyedia rental genset untuk memperbaiki atau mengganti unit.

  1. Adanya fleksibilitas ukuran generator. Memiliki kemewahan berganti-ganti ukuran seperti mengembalikan ukuran generator untuk pekerjaan tertentu dan memilih generator lain yang sesuai untuk proyek selanjutnya adalah bagian paling menguntungkan dari sewa generator.

Sedangkan jika ditinjau dari keuntungan membeli generator, beberapa perusahaan yang membeli generator merasakan beberapa keuntungan sebagai berikut:

  1. Generator Terpasang Secara Permanen. Bagi perusahaan yang memang sudah menyadari kebutuhan pasokan listriknya, penggunaan jangka panjang adalah alasan utama untuk membeli generator.

  1. Bebas melalukan modifikasi konfigurasi. Dengan membeli, instalasi genset bisa dilakukan lebih lengkap secara sekaligus melebihi yang sering tidak ditawarkan oleh jasa sewa genset. Tapi jika tidak dilakukan oleh konsultan sewa genset yang berpengalaman dan bersertifikat seperti Sewatama, risiko mungkin bisa lebih parah.

Jika ingin ditinjau lebih dalam, sebelum sebuah perusahaan memutuskan sewa genset atau beli genset, ada baiknya melakukan audit energi dulu sehingga bisa melakukan kalkulasi kebutuhan pasokan daya. Dari sini akan kelihatan, sebenarnya butuhnya sewa atau harus beli. Misalnya, untuk perusahaan ritel, biasanya dibutuhkan daya cadangan pada beberapa atau semua terminal pembayaran, lampu, sistem keamanan, dan server data penting. Sedangkan untuk gedung perkantoran, biasanya diperlukan untuk menyalakan lampu, telekomunikasi, keamanan, dan sistem dasar lainnya yang akan memungkinkan pihak gedung untuk mengevakuasi gedung dengan aman.

Untuk menghitung kapasitas penuh, mengaculah pada tagihan utilitas listrik perusahaan untuk menemukan penggunaan daya maksimum Anda. Tinjau tagihan utilitas untuk melihat penggunaan peak setiap bulannya. Temukan penggunaan peak tertinggi dari tahun sebelumnya dan kemudian tambahkan 25 persen untuk kapasitas cadangan. Sedangkan untuk menghitung kapasitas penuh dengan penggunaan motor yang berat, bisa dilakukan dengan melipatgandakan arus start untuk motor terbesar yang hidup dan mati dengan voltase untuk jumlah watt yang dibutuhkan. Untuk semua beban motor dan non-motor lainnya, kalikan arus dengan voltase untuk watt. Lalu, hitung total watt yang digunakan oleh motor terbesar dan semua beban motor dan non-motor yang tersisa dan kalikan dengan 1000 untuk kilowatt. Tambahkan 25 persen untuk kapasitas cadangan atau lonjakan dan konfigurasi generator sesuai kebutuhan.

Menimbang banyak hal ini, Sewatama merekomendasi untuk melakukan sewa genset. Selain dilengkapi dengan kompetensi dan sertifikasi, Sewatama juga sudah memiliki puluhan jam terbang menangani beragam tantangan pengoperasian genset di lapangan. Khususnya dalam masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, Sewatama sebagai rental genset murah tidak merekomendasikan untuk membeli genset demi menghindari kerugian yang lebih besar. Pandemi virus Corona memaksa semua sektor industri untuk mengetatkan pengeluaran dan benar-benar fokus pada keberlanjutan operasional perusahaan. Dengan menyewa, hal ini akan lebih meringankan bagi para pelaku industri karena beban perawatan juga ditanggung oleh penyedia sewa genset sekaligus performa genset tetap terjaga dengan optimal. (SS)

Corporate News

Berita