pasang solar panel

Cara Murah Pasang Solar Panel di Rumah

Pasang solar panel di rumah selama ini masih dianggap terlalu mahal. Hal ini terjadi karena komponen pasang solar panel masih merupakan produk impor. Sebagai gambaran, untuk harga per 1 kWp panel surya mencapai US$1.000 atau sekitar Rp14 juta dengan kurs Rp14.000 per USD. Bila dihitung, berarti untuk rumah tinggal dengan daya listrik 2.200 watt akan dibutuhkan sekitar 2 kWP atau seharga Rp 28 juta. Selain biaya, pasang solar panel juga memerlukan ruang yang cukup dan dipastikan terpapar sinar matahari secara optimal.

Sewatama sebagai jasa pasang solar panel untuk energy efficiency, ada beberapa solusi yang bisa diterapkan agar pasang solar panel untuk kebutuhan rumah tangga tidak begitu mahal. Bagaimana caranya? Yang paling pertama perlu dilakukan adalah menyelidiki Energy Efficiency Rumah yang akan dipasang solar panel.

Sebelum pasang solar panel di rumah, pemilik rumah harus terlebih dulu menyelidiki penggunaan energinya dan mempertimbangkan peningkatan efisiensi yang potensial. Pemilik rumah harus menyadari total penggunaan listriknya dan mempertimbangkan langkah-langkah efisiensi biaya rendah dan mudah diimplementasikan sebelum memilih solar. Lalu apa perbedaan mendasar antara pasang solar panel untuk bisnis dan pasang solar panel untuk rumah?

Sebagai perbandingan, penggunaan solar panel untuk perumahan cenderung memiliki ukuran yang konsisten yaitu rata-rata 6 Kilowatt. Karena skala yang relatif kecil, solar panel atap untuk rumah adalah investasi karena bisa diambil dari alokasi biaya penggunaan listrik bulanan dari sewa. Sewatama memiliki solusi praktis agar investasi solar panel bisa dikonversi dari biaya bulanan listrik.

Cara ini sudah dilakukan Sewatama yang pasang solar panel di rumah di kawasan perumahan Sentul, Jawa Barat. Rumah itu berada di kawasan yang memiliki sinar matahari mencukupi. Solar panel yang dipasang dengan sistem on grid, artinya lsitrik yang berasal dari solar panel masuk dalam jaringan utama sistem kelistrikan . Sifatnya sebagai substitusi sehingga dapat menghemat pemakaian listrik utama. Dari penghematan itu, kemudian biayanya dikonversi sebagai cicilan pembayaran investasi solar panel.

Konversi ini bisa dihasilkan dari total investasi dikurangi dengan biaya penghematan listrik lantaran pemakaian solar panel sebagai pasokan listrik tambahan. Langkahny abisa berbagai macam, bisa juga dikombinasi dengan listrik cadangan hybrid menggunakan genset. Biasanya untuk remote-remote area, penggunaan genset masih diperlukan, namun untuk efisiensi listrik, bisa melakukan sewa genset yang dimiliki Sewatama dengan paket gabungan dengan solar panel. Rental genset murah memang diperlukan juga agar pasokan listrik yang mengandalkan solar panel, bisa dibackup.

Intinya pasang solar panel untuk kebutuhan rumah tangga tidak harus selalu mahal jika mau menjajaki beragam solusi secara mutual. Jika dibebankan secara personal, mungkin masih tergolong mahal. Dengan Sewatama sebagai jasa penyedia dan pemasangan solar panel untuk kebutuhan rumah tangga hanya memerlukan beberapa hari saja mulai dari melakukan semua kunjungan, perencanaan lokasi yang diperlukan, sampai dengan pemasangan solar panel. Membiasakan dengan pasang solar panel untuk energy efficiency sebaiknya cepat dilakukan karena Indonesia tidak bisa terus menggantungkan pada pembangkit listrik dari batu bara. Pergerakan ini harus juga dimulai dari skala terkecil yaitu rumah tangga. (SS)

Corporate News

Berita