penghemat listrik untuk gedung

Tips Agar Alat Listrik Industri Bisa Hemat Energi

Dalam proses produksi, efisiensi biaya produksi merupakan hal penting yang perlu dijaga. Sebab, hal ini sangat berpengaruh terhadap banyak aspek perusahaan termasuk potensi keuntungan yang didapat. Ada banyak faktor yang bisa membantu biaya produksi lebih efisien, salah satunya yakni menghemat energi listrik yang digunakan selama proses produksi.

Listrik merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan proses produksi. Kebutuhan listrik yang andal dan efisien merupakan hal mutlak untuk menekan biaya produksi serendah mungkin. Untuk mewujudkan hal tersebut, terdapat beberapa tips agar listrik industri bisa lebih hemat energi. Berikut ini beberapa diantaranya :

Perhatikan pencahayaan

Salah satu manfaat energi listrik dalam suatu industri adalah untuk memastikan pencahayaan cukup selama proses produksi. Namun, pencahayaan selama proses produksi juga perlu diperhatikan betul agar tidak membuat biaya produksi membengkak dan tetap dapat diandalkan. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar pencahayaan tetap optimal tanpa membuat biaya produksi meningkat antara lain seperti penggunaan lampu LED yang lebih hemat energi, memanfaatkan cahaya matahari pada siang hari, dan mematikan lampu saat tidak digunakan. Cara-cara tersebut dapat secara efektif menekan biaya produksi tanpa mengurangi pencahayaan selama proses produksi.

Gunakan Isolasi

Dalam beberapa proses produksi, dibutuhkan suhu tertentu agar barang yang dihasilkan bisa sesuai dengan standar kualitas yang ditentukan. Pengaturan suhu dengan menggunakan pendingin atau pemanas ruangan dibutuhkan agar standar kualitas dapat terpenuhi dan memberikan kenyamanan saat bekerja. Penggunaan air conditioner tentu merupakan opsi yang banyak dipilih hingga saat ini. Namun, untuk menjaga suhu ruang produksi agar tetap stabil, penggunaan isolasi juga dapat dilakukan.

Pemasangan isolasi pada bagian atap dapat menjaga suhu agar tidak terlalu dingin dan terlalu panas. Tanpa menggunakan energi listrik, suhu ruang produksi bisa terjaga melalui penggunan isolasi. Maka dari itu, isolasi merupakan investasi yang tepat untuk meminimalisir biaya produksi.

Bersihkan dan rawat peralatan

Mesin yang digunakan selama proses produksi juga tidak boleh luput dari perhatian untuk menghemat energi. Lakukan pembersihan dan perawatan mesin secara berkala agar tetap optimal dalam proses produksi. Mesin yang dirawat secara berkala dapat memastikan proses produksi berjalan optimal sekaligus menghemat biaya energi yang dikeluarkan. Selain itu, pertimbangkan kembali jika konsumsi energi mesin terlalu boros mengingat beberapa mesin baru tergolong lebih hemat energi dibandingkan yang terdahulu. Perhitungkan kembali secara matang apakah modernisasi dibutuhkan atau tidak.

Gunakan aliran udara alami

Untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan dalam bekerja, aliran udara perlu diperhatikan dengan benar. Manfaatkan aliran udara alami dengan mengandalkan ventilasi udara untuk menjaga suhu ruangan agar tetap nyaman. Selain bisa meningkatkan kenyamanan saat bekerja, aliran udara alami juga bisa meminimalisir biaya listrik karena mengurangi kebutuhan air conditioner selama proses produksi.

Penghematan energi merupakan hal penting untuk mengurangi biaya produksi dan memastikan pembangkit listrik yang Anda miliki bisa memenuhi kebutuhan proses produksi. Untuk memastikan hal tersebut, Anda perlu menggunakan jasa konsultan kelistrikan yang dapat diandalkan seperti Sewatama. Melalui rangkaian proses audit energi, Sewatama dapat memberikan solusi mengenai penggunaan alat listrik hemat energi yang tepat guna dan memastikan produksi berjalan secara optimal. Selain itu, Sewatama juga dapat memberikan solusi mengenai pengadaan pembangkit listrik yang sesuai kebutuhan industri Anda dan dapat diandalkan dalam jangka waktu yang panjang.

Corporate News

News