Sewa genset

Sebelum Sewa Genset Pahamai Hal Berikut Ini

Saat ini Indonesia dan dunia sedang diributkan dengan pandemik COVID-19 atau virus Corona yang penyebarannya begitu cepat. Pemerintah bersama dengan beragam lapisan masyarakat mengupayakan yang terbaik agar penyebaran virus Corona ini bisa semakin dikendalikan setiap harinya. Di balik itu semua, siapapun saja dituntut untuk selalu berjaga-jaga. Salah satunya yang sangat penting untuk dilakukan adalah berjaga dalam pasokan listrik yang terus stabil dan disinilah pentingnya sewa genset atau rental genset.

 

Tidak bisa diremehkan memang, saat ini setidaknya gedung fasilitas publik, perkantoran pemerintah dan perusahaan consumer goods dituntut untuk selalu beroperasi terus dengan kebutuhan listrik. Jika sampai terjadi padam listrik, efek dominonya akan menimbulkan beragam kekacauan. Inilah tantangannya, yaitu ketidakpastian. Oleh karena itu, back up  listrik perlu dilakukan perawatan dan pengoperasian yang optimal.

 

Ketidakpastian dalam pasokan listrik atau kestabilan listrik akan selalu menjadi pertimbangan yang sangat penting. Ini saatnya berpaling pada rental genset murah atau sewa genset untuk event yang disediakan oleh Sewatama. Dengan solusi rental genset atau sewa genset sekalipun, masih ada faktor perawatan dan pengoperasian yang menjadi faktor penting untuk menentukan genset bekerja dengan optimal atau tidak. Sehingga pemilihan jasa penyedia rental genset pun juga harus dipertimbangkan. Tidak bisa asal pilih rental genset murah tetapi juga harus melihat kredibilitas dan pengalaman perusahaan jasa penyedianya. Salah satunya adalah Sewatama perusahaan yang punya kredibilitas tinggi.

 

Untuk memastikan bahwa sistem pasokan listrik darurat atau genset terus terjaga performanya dalam keadaan darurat, maka berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui:

 

  1. Rencanakan perawatan

Sepertinya ini hal yang sudah biasa dilakukan, tetapi disiplin mematuhi jadwal pemeliharaan genset tidak bisa dipandang sebelah mata. Kelalaian adalah sumber permasalahan di sini. Jika memang tidak memiliki personel yang mumpuni, jasa penyedia genset bisa difungsikan. Program pemeliharaan yang direncanakan akan memastikan sistem daya siaga darurat tetap dalam kondisi siaga secara konstan. Perawatan yang terencana juga memastikan kinerja sistem yang tepat, sekaligus mencegah risiko bahaya keselamatan bagi personel di lokasi.

 

Rencana pemeliharaan preventif harus mencakup berikut:

  • Inspeksi;
  • Penggantian oli;
  • Layanan sistem pendingin;
  • Layanan sistem bahan bakar;
  • Menguji starter baterai;
  • Pelatihan mesin secara teratur di bawah tekanan;
  • Dokumentasi untuk apa saja yang telah dilakukan.

 

  1. Pelatihan Personel (Training)

Hanya teknisi servis yang terlatih yang boleh melakukan perawatan dan pengoperasian genset. Seringkali, teknisi yang tidak terlatih dan tidak berpengalaman sering mengabaikan minor failure secara bertahap yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi sistem yang besar. Pelatihan personel dimulai selama proses commissioning dan harus mencakup operasi sistem, penyimpanan catatan, dan pemeliharaan berkala. Operator juga harus terbiasa dengan semua komponen sistem tenaga, kondisi alarm, dan prosedur operasi dan pemeliharaan.

 

  1. Jaga Performa Baterai

Pemeliharaan baterai starter genset sangat penting untuk memastikan kapasitas ampere yang cukup untuk menghidupkan mesin. Hampir 50% dari kegagalan genset darurat disebabkan oleh starter baterai yang lemah. Sebagai tindakan pencegahan, gantilah baterai setiap dua tahun.

 

  1. Pelihara Tempat Penyimpanan Bahan Bakar

Sistem generator siaga lebih rentan terhadap kontaminasi bahan bakar karena bahan bakar hanya duduk diam dan tidak digunakan dalam waktu lama. Jika tidak diganti secara berkala, bahan bakar akan menurun kualitasnya secara substansial. Pasokan bahan bakar harus diisi ulang secara teratur untuk memastikan starter yang andal serta untuk mencegah filter bahan bakar yang tersumbat. Selain itu, kualitas bahan bakar harus sering diuji. (SS)

Corporate News

Berita