Tips / Artikel - 18 April 2022

Apa yang Terjadi Andaikan Listrik Tidak Ada?

Kebutuhan listrik di tanah air semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi karena peningkatan jumlah penduduk dan pertambahan aktivitas bisnis di sektor industri. Padahal Indonesia masih mengalami kekurangan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Andaikan listrik tidak ada karena pasokannya habis, sebagian besar aktivitas masyarakat pasti terganggu bahkan berhenti total. Itulah sebabnya kini pemerintah sedang giat mempublikasikan program hemat energi yang diberi nama “Potong 10 Persen”.

Fakta Tentang Besarnya Konsumsi Listrik Indonesia

Berdasarkan data dari PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN), konsumsi listrik di Kota Denpasar, Balikpapan, dan Makassar pada tahun 2015 mencapai angka 12,1 Terra Watt Hour. Jumlah tersebut belum termasuk akumulasi penggunaan listrik di kota-kota lainnya. Sehingga total konsumsi listrik Indonesia memang terbilang sangat besar.

Program Potong 10 Persen yang berhasil dijalankan di Denpasar, Balikpapan, dan Makassar selama setahun diprediksi dapat menghemat 679.95, Giga Watt Hour (GWh) atau setara dengan 997,04 milyar rupiah. Bila Program Potong 10 Persen berjalan efektif, maka kemungkinan besar pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 2 GW yang membutuhkan dana 18,4 triliun rupiah bisa ditunda.

Menghemat Listrik dari Cara yang Paling Mudah

Target utama Program Potong 10 Persen membidik rumah tangga dan bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai target utama. Sebenarnya cara menghemat listrik bisa dimulai dengan cara yang mudah. Anda dapat memulainya dengan membatasi penggunaan peralatan elektronik di rumah. Lampu, Air Conditioner (AC), TV, dan charger laptop yang dibiarkan aktif sepanjang hari ternyata bisa memicu peningkatan konsumsi listrik.

Selain itu, Anda juga bisa menghemat listrik dengan menggunakan lampu dan peralatan elektronik berteknologi mutakhir. Karena produk-produk elektronik terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan sistem hemat energi agar penggunaan daya listrik di rumah semakin hemat.

Perusahaan Juga Dapat Melakukan Penghematan Listrik

Para pebisnis tak perlu bingung dengan Program Potong 10 Persen yang digagas pemerintah. Kini ada Sewatama yang menyediakan berbagai produk dan layanan skala industri dengan prinsip hemat energi. Aneka genset dan produk lainnya di Sewatama dilengkapi dengan teknologi terbaru yang hemat energi dan mudah dioperasikan. Ada pula layanan service genset yang dapat Anda manfaatkan bila genset untuk operasional bisnis sedang rusak.

Sejak ada Sewatama, pelaku sektor industri bisa ikut menjalankan Program Potong 10 Persen dengan praktis. Tak sekadar menghemat pasokan listrik negara, biaya operasional untuk kebutuhan listrik pun bisa diminimalkan.

Mari manfaatkan pelayanan terbaik dari Sewatama untuk memaksimalkan penghematan listrik mulai sekarang.

Berita & Update Lainnya

Perusahaan memang mesti memberikan perhatian ekstra bagi pekerja shift ...
Testing dan  Commissioning genset adalah serangkaian tes yang digunakan unt...
Back up power kelistrikan bisa menjadi salahsatu solusi dalam pengadaan listrik....

Beri tahu apa yang Anda butuhkan

Kami akan membantu memberikan solusi untuk anda