Tips / Artikel - 19 April 2022

Kiat Ampuh Agar Pekerja Shift Malam Selalu Sehat dan Produktif

Perusahaan memang mesti memberikan perhatian ekstra bagi pekerja shift malam. Karena bekerja di malam hari memiliki risiko kecelakaan atau sakit lebih besar dibandingkan bekerja di siang hari. Jam biologis tubuh manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup di malam hari. Sehingga para pekerja shift malam wajib memiliki fisik dan psikis yang prima.

Beberapa kiat ampuh ini ternyata efektif membuat pekerja shift malam selalu sehat dan produktif:

Menyiapkan Waktu Istirahat yang Lebih Panjang

Tak ada salahnya jika Anda memberikan waktu istirahat yang lebih panjang badi pekerja shift malam. Waktu istirahat tersebut dapat dimanfaatkan untuk tidur sebentar. Memaksakan jam kerja yang pada bagi pekerja shift malam hanya akan membuat hasilnya tidak maksimal. Alih-alih mencapai target produksi, proses kerja malah bisa melambat karena kondisi fisik pekerja sedan tidak fit.

Menggunakan Sumber Listrik yang Memadai

Sumber listrik yang memadai merupakan salah satu fasilitas penting bagi pekerja shift malam. Kondisi pencahayaan ruangan akan mempengaruhi jarak pandang sekaligus kondisi fisik. Biasanya orang cenderung cepat lelah atau mengantuk ketika bekerja di ruangan yang cahayanya redup. Jadi, pastikan kalau kapasitas listrik di perusahaan Anda sudah mencukupi kebutuhan operasional di malam hari.

Selain sumber listrik utama, pemilihan genset pun harus dipertimbangkan secara cermat. Sebagai sumber energi alternatif, genset harus memiliki ketahanan yang baik, kapasitas besar, dan mudah diperasikan. Kini Anda bisa mempercayakan kebutuhan genset pada Sewatama. Sebab Sewatama memiliki reputasi baik dalam hal penyewaan genset. Tak hanya di kota-kota besar Pulau Jawa, sewa genset Papua pun semakin praktis bila Anda mengandalkan Sewatama.

Fasilitas Pemeriksaan Kesehatan Secara Teratur

Mungkin tak banyak perusahaan yang menyiapkan fasilitas pemeriksaan kesehatan bagi para pekerjanya. Padahal pemeriksaan kesehatan sangat penting bagi para pekerja shift malam. Deteksi penyakit wajib dilakukan sedini mungkin. Sehingga pekerja Anda bisa segera mendapatkan penanganan medis secara intensif. Performa kerjanya pun tak akan menurun bila fisiknya sudah kembali sehat. Kesehatan para pekerja tentu berpengaruh langsung terhadap produktivitasnya.

 

Sudahkah perusahaan Anda melakukan kiat-kiat ampuh tersebut untuk mendukung produktivitas pekerja shift malam?

Belum terlambat bila baru ingin memulainya sekarang. Jika pekerja shift malam senantiasa sehat dan bahagia, proses produksi di perusahaan pun akan berlangsung maksimal.

Beri tahu apa yang Anda butuhkan

Kami akan membantu memberikan solusi untuk anda