Tips / Artikel - 19 April 2022

Pilih Perusahaan Sewa Genset Terpercaya, Kenali dari Perawatan Gensetnya

Sewa genset terpercaya yang mampu menangani penyewaan dalam jangka panjang serta mampu memberi jaminan uang kembali adalah tipikal jasa sewa genset yang bisa diandalkan ketika terjadi insiden pemadaman listrik, terutama untuk keberlangsungan atau keberlanjutan aktivitas bisnis maupun produksi.

Genset sebenarnya mengacu pada peralatan yang fungsinya untuk mengubah panas menjadi energi mekanik dan kemudian menjadi energi listrik. Secara singkat, genset terdiri dari beragam elemen seperti baterai, tangki bahan bakar, panel kendali, saklar transfer otomatis, dan biasanya pengedap suara.

Dalam hal penggunaan, genset biasanya dapat digunakan sebagai sumber utama atau sebagai sumber tambahan untuk mencukupi kebutuhan energi, dengan cara yang kredibel dan efisien, bagaimana pun aplikasinya. Itulah mengapa diperlukan jasa sewa genset yang profesional karena aplikasi yang baik dan benar adalah hasil dari jam terbang yang tinggi.

Genset terdiri dari generator, yang bekerja melalui pembakaran dalam mesin dengan bantuan alternator, menggunakan bahan bakar antara lain diesel, bensin, gas alam, biogas, atau yang lainnya. Dalam proyek industri atau dalam bidang konstruksi, sumber daya listrik adalah salah satu masalah besar yang harus siap dihadapi karena pasokan energi listrik yang terputus bisa memengaruhi keberhasilan atau keberlanjutan sebuah proyek.

Pemadaman listrik bisa sangat merusak, dan sayangnya selalu tidak bisa ditebak kapan terjadinya. Di sinilah generator set (genset) menjadi solusi andalan. Walau demikian, sebelum sewa genset atau rental genset, ada baiknya mengenali komponen genset. Biasanya, perusahaan sewa genset terpercaya memiliki mesin genset dan penunjangnya yang mumpuni, karena kerja genset akan terpengaruh bisa komponen-komponen penunjangnya tidak bekerja dengan baik.

 

Berikut antara lain komponen-komponen  yang perlu diperhatikan.

Alternator: untuk memilih alternator, harus terlebih dahulu menentukan apa tujuan pengerjaan dan kondisi kerja. Salah satu alternator yang paling banyak digunakan adalah model Caterpillar, karena cukup dapat diandalkan, dan kualitasnya diakui.

Engine: adalah komponen dasar genset dan dirancang dengan tujuan berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan kinerja. Mesin Perkins adalah contoh keandalan dan keselamatan yang siap dalam kondisi cuaca buruk sekalipun.

Soundproof Cabin: adalah pelat yang dapat terbuat dari baja, stainless steel atau aluminium, dengan perawatan anti-korosi untuk memastikan efisiensi aliran udara yang akan mendinginkan mesin.

Automatic Transfer Switch: bertanggung jawab untuk pergantian antara sumber utama dan sumber tambahan, jika sumber utama gagal, listrik tidak mungkin berhenti mengalir dan terus beroperasi.

Control Panel: bagian ini bagai sebuah prosesor dalam sebuah genset yang bertugas memantau dan melindungi genset.

 

Base Frame: adalah rangka baja dengan sistem anti-getar yang memiliki tangki untuk menyimpan bahan bakar, dan bisa juga berfungsi untuk menaikkan generator hingga ketinggian aliran tegangan tertentu, tergantung pada jumlah liter yang diinginkan pelanggan.

Penyedia jasa sewa genset terpercaya biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana memaparkan solusi end-to-end kepada pihak gedung. Salah satu jasa sewa genset terpercaya di Indonesia adalah Sewatama, yang memiliki pengalaman lebih dari 27 dalam bidang ketenagalistrikan. Bahkan, pihak pengelola atau pemilik gedung hanya perlu duduk tenang karena semua proses, end-to-end, ketika insiden pemadaman listrik terjadi sudah masuk dalam checklist penanganan oleh Sewatama. Selain itu, proses maintenance berkala pasti diberikan oleh Sewatama. Dengan jasa sewa genset terpercaya, lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik berinvestasi daripada merugi. (SS)

Berita & Update Lainnya

Teknologi baru telah hadir di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, kini...
Audit energi listrik adalah proses evaluasi pemanfaatan energi guna mengide...
Bila Anda menggunakan genset sebagai pegangan kebutuhan listrik, Anda pasti tak ...

Beri tahu apa yang Anda butuhkan

Kami akan membantu memberikan solusi untuk anda