Tips / Artikel - 19 April 2022

Solusi Cepat dan Tepat Saat Listrik Padam

Pasokan listrik dimasa kini sudah menjadi kebutuhan primer yang diperlukan bagi masyarakat di hampir setiap lini kehidupan.

Mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, dan bahkan diperlukan bagi para pelaku usaha industri yang juga membutuhkan pasokan listrik untuk menjalankan berbagai peralatan industrinya.

Terlebih lagi dalam keadaan saat ini, kala Covid-19 menyerang dan mengubah pola hidup masyarakat, tak terkecuali bagi para pelajar yang secara signifikan berubah sistem pembelajarannya yang sebelumnya memakai sistem belajar-mengajar tatap muka, kini beralih ke sistem belajar via daring/online yang didalamnya juga memerlukan pasokan listrik sebagai pendukung utama untuk menghidupkan perangkat elektronik seperti handphone, laptop dan sebagainya.

Maka tak heran, jika dimasa pandemi Covid-19 ini kebutuhan masyarakat akan listrik mengalami peningkatan yang cukup pesat. Dan dikabarkan untuk Sulawesi Selatan sendiri kebutuhan masyarakat terhadap pasokan listriik dikabarkan meningkat dan tumbuh hingga 3.7 persen.

Namun seiring berjalannya waktu, pertumbuhan akan kebutuhan listrik bagi masyarakat ini akan terus terjadi.

Sebab, kabarnya kini banyak peralatan baik itu perlatan rumah tangga, kantor, industri, dan sebagainya yang memerlukan energi listrik sebagai akibat dari pesatnya kemajuan zaman, serta semakin modernya cara penyelesaian sebuah pekerjaan.

Hal tersebut semakin mengindikasikan bahwa masyarakat sangat memerlukan pasokan energi listrik untuk memenuhi segala kebutuhan dikehidupannya.

Disamping kebutuhan masyarakat akan listrik ini, juga ternyata banyak ditemukan berbagai permasalahan yang cukup membuat masyarakat resah, dan gelisah seperti pemadaman listrik secara tiba-tiba, banyaknya kasus kebakaran yang terjadi akibat arus pendek listrik, dan permasalahan yang lainnya.

Sebagai informasi, di kota metropolitan seperti Makassar ini, dari bulan Januari hingga Agustus 2020 tercatat telah terjadi 88 kasus kebakaran yang 55 di antaranya disebabkan karena hubungan arus pendek listrik.

Selanjutnya, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Bagaimanakah sebenarnya mekanisme penyaluran pasokan energi listrik sehingga bisa kita nikmati? Dan apa solusi yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk dari energi listrik ini?

Salah seorang Dosen Program Studi Teknik Elektro Universitas Khairun di Ternate, Faanzir, ST., MT memberikan pandangannya, bahwa salah satu contoh yang paling sederhana, dan memungkinkan untuk terjadi korsleting listrik yaitu pemakaian colokan yang melebihi batas dari kapasitasnya.

Ditambah lagi, apabila kabel listrik yang digunakan tersebut tidak sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan, dan tidak aman digunakan. Sehingga dapat memicu hubungan arus pendek listrik yang berujung kepada terjadinya kebakaran yang melahap segala barang-barang berharga yang kita miliki.

Adapun terkait dengan proses penyaluran energi listrik ini, diawali dengan proses yang terjadi di generator, atau pembangkitnya. Dan selanjutnya dialirkan melalui transmisi (pengantaran). Lalu didistribusikan melalui trafo ke rumah-rumah warga.

Selain itu, Faanzir juga mengungkapkan bahwa salah satu upaya antisipasi dalam rangka menanggulangi dampak buruk dari energi listrik ini yaitu dengan tata kelola yang baik dari setiap individu yang menggunakan listrik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Dan kesadaran tentang bagaimana menggunakan itu (energi listrik), sebab teknologi kini semakin mengalami perkembangan,” pungkasnya.

Senada dengan ungkapan tersebut, dalam hal pengelolaan energi listrik ini juga diperlukan kehati-hatian yang sangat tinggi, agar tidak terjadi hal-hal buruk yang tentu saja tidak kita inginkan.

Apalagi, pihak-pihak yang memakai energi listrik dalam jumlah yang banyak, dan bertegangan tinggi seperti perusahaan industri yang dianjurkan untuk melakukan tata kelola secara rutin untuk mengurangi rasa kekhawatiran terhadap dampak buruk dari penggunaan energi listrik.

Nah, maka dari itu sangat diperlukan orang-orang yang ahli dibidangnya, dan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut secara aman, dan nyaman. Salah satu perusahaan swasta yang menyediakan jasa untuk hal ini adalah PT Sumberdaya Sewatama.

Sewatama mampu mengoperasikan dan memelihara listrik anda dengan berbagai ukuran dan tipe untuk membantu memastikan kinerja, efisiensi, dan jaminan tinggi melalui strategi operations & Maintenance secara optimal.

Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi terhadap dampak buruk dari pengelolaan energi listrik. Karena Sewatama membantu anda mulai dari pembangunan hingga sampai pada tahap pengujian secara operasional dan memilih cakupan listrik yang sesuai untuk kebutuhan anda.

Diketahui, PT Sewatama merupakan perusahaan ketenagalistrikan nasional yang berdiri sejak tahun 1992, dengan memberikan layanan pasokan listrik terpadu.

Selain melakukan pemeliharaan terkait dengan ketenagalistrikan, PT Sewatama ternyata juga mampu membangun pembangkit listrik tenaga surya yang tentu saja sumber energi listrik ini tergolong jenis sumber energi listrik yang terbarukan.

Serta sangat cocok diterapkan diiklim Indonesia yang tergolong tropis ini, dan dalam pengimplementasiannya dapat diterapkan untuk perkantoran maupun perumahan.

Fakta yang lebih mencengangkan lagi, PT sewatama juga menyediakan berbagai layanan kelistrikan berupa listrik sementara (Temporary Power), layanan pembangunan konstruksi pembangkit listrik (Engineering Procurement and Construction), serta solusi listrik tenaga hybrid dengan solar panel (Hybrid System).

Adapun produk lain yang juga disediakan oleh PT Sewatamaa adalah Eco Power yang digunakan untuk melakukan efisiensi pengguna listrik pada industri yang beroperasi lebih dari 12 jam.
Seperti pusat perbelanjaan atau mall-mall, pabrik perakitan kendaraan hingga penggunaan di industri oil & gas.

Ingat! sekali lagi, tentu saja dalam setiap pengerjaan terkait dengan kelistrikan yang dilakukan PT Sewatama ini didukung oleh para tenaga ahli yang mempunyai segudang pengalaman serta sangat berkompeten dibidangnya.

Untuk kedepannya, PT Sewatama terus tumbuh, dan senantiasa hadir untuk menjawab berbagai perosalan kelistrikan yang dialami oleh masyarakat. Serta, selalu berkembang untuk memenuhi segala kebutuhan kelistrikan dari sektor swasta hingga mandiri.

Berita & Update Lainnya

Pemenuhan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) pada bauran energi nasiona...
KBRN, Meulaboh:  PT Sumberdaya Sewatama (ABM Group) yang merupaka...
Dalam proses produksi, efisiensi biaya produksi merupakan hal penting ya...

Beri tahu apa yang Anda butuhkan

Kami akan membantu memberikan solusi untuk anda