Tips / Artikel - 19 April 2022

Panduan Memilih Genset yang Tepat untuk Kebutuhan Pabrik

Genset merupakan salah satu komponen penting dalam proses operasional bisnis. Karena kapasitas daya sewa genset murah yang besar mampu memfasilitasi aktivitas mesin-mesin besar. Hal inilah yang membuat sejumlah sektor industri masih mengandalkan genset sebagai sumber tenaga cadangan dalam proses produksi. Listrik mati tak akan jadi halangan bagi proses operasional bila perusahaan Anda sudah memiliki genset yang memadai.

Memilih genset tentu tak boleh sembarangan. Bukan hanya perkara harga terjangkau yang patut dipertimbangkan. Panduan memilih genset berikut ini akan mempermudah Anda untuk mendapatkan produk terbaik:

Mempertimbangkan Daya Genset

Saat hendak membeli atau sewa genset, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Daya atau kapasitas genset adalah hal pertama yang patut dipertimbangkan saat memilih genset. Biasanya pemilihan genset dilakukan berdasarkan satuan watt atau kVA. Sebelum menentukan kapasitas genset yang akan Anda beli, kenali dulu jumlah pasokan listrik yang dibutuhkan bisnis Anda.

Pada umumnya, kapasitas genset harus 20% lebih besar daripada kebutuhan listrik. Jika tak ada kapasitas genset yang 20% lebih besar dibandingkan kebutuhan listrik, tak masalah bila membeli genset yang kapasitasnya jauh lebih besar. Agar perusahaan tak perlu sering membeli genset baru untuk memenuhi peningkatan kebutuhan.

Jangan Lupa dengan Suara Genset

Setelah menentukan besaran, saat sewa genset atau beli genset perhatikan pula suaranya. Semakin besar sewa genset murah, biasanya semakin berisik pula bunyi yang dihasilkan. Sebenarnya hal ini tak jadi masalah bila Anda sudah menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan genset. Namun kalau Anda tak ingin berurusan dengan suara genset yang berisik, Anda bisa memilih genset yang sudah dilengkapi teknologi peredam suara. Walaupun harganya tergolong lebih mahal daripada genset biasa, tetapi jenis genset ini memiliki suara yang lebih halus.

Fitur Aktif Secara Otomatis

Genset yang memiliki panel Automatic Main Failure (AMF) atau Automatic Transfer Switch (ATS) akan aktif secara otomatis saat listrik sedang mati. Sehingga Anda atau karyawan lainnya tak perlu repot mengaktifkan genset saat listrik mati. Sumber catu daya yang mengandalkan listrik dari aliran PLN akan dialihkan secara otomatis ke genset agar lebih praktis dan hemat waktu.

Garansi Resmi dan Ketersediaan Spare Part

Produk genset berkualitas pasti dilengkapi dengan garansi resmi dan ketersediaan spare part yang mudah didapat. Jika nanti genset Anda mengalami gangguan, proses perbaikannya tidak akan merepotkan dan tidak membutuhkan waktu lama. Sebab Anda bisa melakukan klaim garansi dan spare part genset yang rusak pun lekas diperbaiki.

Tak jadi masalah bila perusahaan Anda belum berminat membeli genset. Anda bisa memanfaatkan layanan sewa genset yang sudah disiapkan Sewatama. Sewa genset Jakarta dan kota-kota besar lainnya memang semakin praktis sejak ada Sewatama. Pilihan genset di Sewatama tentu berkualitas dan bisa dipilih sesuai kebutuhan perusahaan.

Ingin menyewa genset secara praktis dan berkualitas? tentu Sewatama solusinya.

Berita & Update Lainnya

Sebagian besar industri bahkan mungkin hampir seluruh industri dan operasi binis...
Saat ini, listrik merupakan elemen penting dalam setiap industri. Tanpa listrik,...
Di tengah situasi pandemi, Kamis (16/7) Arifin Tasrif, Menteri ESDM pada...

Beri tahu apa yang Anda butuhkan

Kami akan membantu memberikan solusi untuk anda