Tips / Article - 19 April 2022

Cara Paling Tepat dan Efektif untuk Menghemat Listrik Gedung

Dalam bisnis, efisiensi merupakan hal penting yang terus dikejar oleh setiap perusahaan untuk mengurangi pengeluaran. Termasuk dalam hal biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi listrik di gedung perkantoran. Biaya listrik merupakan salah satu biaya yang wajib untuk dikeluarkan dan membuat efisiensi jadi terasa penting untuk dilakukan.

Efisiensi dan elektrifikasi gedung perkantoran merupakan dua hal yang saling berkaitan. Di satu sisi, efisiensi sangat dibutuhkan untuk mengurangi biaya listrik dan meningkatkan profit. Namun, di sisi lain, elektrifikasi gedung perkantoran juga perlu maksimal mengingat listrik merupakan elemen penting yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, diperlukan serangkaian proses agar elektrifikasi gedung perkantoran dan efisiensi dapat dijalankan secara bersamaan.

Research and Development

Dalam hal elektrifikasi gedung, proses research & development merupakan hal yang diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menentukan pola elektrifikasi terbaik mulai dari pemilihan pembangkit listrik utama yang digunakan sampai mempersiapkan pembangkit listrik cadangan. Kemajuan teknologi juga menjadi faktor utama mengapa research & development dibutuhkan agar dapat melakukan elektrifikasi gedung perkantoran secara efisien dan dapat diandalkan.

Memperhatikan Biaya Listrik

Berbicara seputar efisiensi biaya listrik tentu tidak bisa dilepaskan dari biaya listrik yang perlu dikeluarkan. Saat kebutuhan listrik gedung meningkat, maka secara tidak langsung biaya listrik akan meningkat juga. Memperhatikan biaya listrik sama pentingnya dengan proses research & development itu sendiri karena tujuannya untuk mendapatkan pasokan energi listrik yang dapat diandalkan dengan harga yang seefisien mungkin. Oleh karena itu, proses elektrifikasi gedung perkantoran perlu dipersiapkan dengan matang sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Menentukan target

Menentukan target elektrifikasi gedung sangat penting agar pasokan listrik yang dibutuhkan bisa dipenuhi. Hanya saja, penentuan target yang terlalu tinggi juga dapat menghambat proses elektrifikasi. Untuk itu, diperlukan target yang sesuai dengan kebutuhan dan menjalankan proses research & development secara matang guna mendapatkan pembangkit listrik yang efisien dan mampu mencapai target elektrifikasi yang ingin dicapai.

Selain target elektrifikasi gedung perkantoran, target emisi yang dikeluarkan juga perlu untuk dipertimbangkan. Saat ini, isu pemanasan global merupakan sebuah hal yang tidak dapat dikesampingkan dan emisi gas rumah kaca merupakan salah satu faktor yang menjadi perhatian. Hanya saja, tak jarang target emisi bisa menghambat proses elektrifikasi dan membuat energi terbarukan yang ramah lingkungan menjadi opsi yang perlu dipertimbangkan.

Perencanaan Elektrifikasi

Dengan proses research & development, penentuan target dan perhitungan biaya yang matang, maka proses perencanaan elektrifikasi bisa dilakukan secara detail. Proses perencanaan yang baik juga perlu dilakukan secara lengkap dari hulu ke hilir serta mempertimbangkan penggunaan penghemat listrik untuk gedung pada tiap-tiap komponen yang digunakan. Sesuaikan juga perencanaan dengan standar kelaikan operasi serta menggunakan jasa tenaga yang terampil dan tersertifikasi dalam proses elektrifikasi gedung perkantoran. Hal ini bisa menjadi faktor penting dalam menciptakan sistem elektrifikasi yang aman, efisien dan dapat diandalkan.

Langkah efisiensi elektrifikasi gedung perkantoran tidak dapat dianggap enteng karena kebutuhan akan listrik yang tidak bisa dihindari dan efisiensi yang sangat dibutuhkan. Untuk itu, Sewatama hadir membantu Anda dalam hal elektrifikasi gedung perkantoran secara efisien dan dapat diandalkan. Melalui proses audit energi listrik yang detail serta kemampuan untuk menghadirkan pembangkit listrik yang dapat diandalkan, Sewatama bisa menjadi solusi agar gedung perkantoran Anda dapat teraliri listrik secara handal tanpa melupakan sisi efisiensi biaya yang dikeluarkan. Tenaga terampil yang telah tersertifikasi juga dapat menjamin sistem elektrifikasi gedung perkantoran Anda aman untuk digunakan.

Related News

Dewatering atau proses pengeringan adalah subyek yang penting. Air tanah ya...
Jakarta 12 September 2017— PT Sumberdaya Sewatama (idx: SSMM) (“Pers...
Pemerataan listrik ke semua daerah di seluruh Indonesia terus dilakukan. Bahkan ...

Inform Us What You Need

It pleased us to provide you with solution