Tips / Article - 19 April 2022

Begini Cara Pasang Solar Panel

Pasang solar panel, merupakan upaya meningkatkan pemakaian energi terbarukan. Di Indonesia khususnya, energi matahari mulai menjadi pilihan banyak orang untuk menghasilkan energi listrik alternatif secara mandiri. Wajar, mengingat Indonesia berada di garis khatulistiwa dan diberkahi oleh sinar matahari yang memadai.

Walaupun solar panel punya potensi yang besar untuk menghasilkan energi listrik secara mandiri, hanya saja proses pemasangannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Selain perlu memperhatikan cara pemasangan yang tepat, diperlukan juga proses pengambilan keputusan yang bijak agar solar panel bisa benar-benar menghasilkan listrik dengan kapasitas yang Anda butuhkan. Berikut beberapa langkah metode pengambilan keputusan dalam pemasangan solar panel yang bisa Anda lakukan :

Mengukur kapasitas penyimpanan dan ketersediaan energi

Potensi yang besar tentu tidak dapat terserap maksimal jika tidak memiliki kapasitas penyimpanan energi yang memadai. Hal ini perlu menjadi perhatian dalam pengambilan keputusan mengenai berapa besar kapasitas penyimpanan yang akan digunakan. Perhitungkan juga kapasitas listrik yang dibutuhkan agar biaya yang dikeluarkan untuk kapasitas penyimpanan energi listrik tidaklah terlalu besar. Dalam mengukur kapasitas penyimpanan, Anda perlu menghitung beberapa faktor seperti beban harian maksimum dan kondisi cuaca di area power plant.

Dampak cuaca

Di Indonesia, potensi energi matahari yang dimiliki cukup tinggi yakni sekitar 4,8 KWh/m2 atau setara dengan 112.000 GWp. Angka tersebut tentu sangatlah besar dan bisa menjadi acuan jika potensi energi matahari di Indonesia sangatlah besar. Namun, pastikan juga Anda telah menghitung berbagai faktor lainnya yang dapat menurunkan potensi besar tersebut seperti faktor cuaca.

Saat cuaca sedang cerah, maka potensi maksimal dari energi matahari yang bisa diserap akan maksimal juga. Namun, hal sebaliknya akan terjadi jika cuaca di area power plant cenderung mendung atau seringkali tidak menentu. Hal inilah yang bisa mengurangi potensi energi listrik yang dihasilkan dari energi matahari dan perlu diperhitungkan secara matang agar tidak mengganggu jumlah kapasitas listrik yang dibutuhkan. Cek terlebih dahulu bagaimana cuaca di area power plant untuk memastikan energi matahari bisa diserap secara optimal.

Dampak baterai yang digunakan

Penggunaan baterai sebagai penyimpan energi listrik mutlak diperlukan dalam sebuah jaringan listrik tenaga surya. Kehadiran baterai sangatlah penting dan perlu dipertimbangkan secara matang untuk jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini bertujuan agar dapat tercipta sebuah sistem pembangkit listrik tenaga surya yang dapat diandalkan dalam jangka waktu yang sesuai kebutuhan Anda.

Dalam mengambil keputusan baterai yang akan digunakan, Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor, salah satunya adalah jenis teknologi penyimpanan yang akan digunakan. Penggunaan baterai Li Ion jadi salah satu yang paling populer digunakan untuk menyimpan energi listrik dari panel surya. Selain itu, perhitungkan juga kapasitas baterai yang dibutuhkan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Kompleksitas Pasang Solar Panel

Pemasangan solar panel mungkin bisa dilakukan sendiri untuk skala kecil atau rumah tangga. Namun, untuk skala yang lebih besar, pemasangan solar panel akan terasa semakin kompleks dan perlu direncanakan dengan matang. Kompleksitas pemasangan solar panel meliputi lokasi power plant yang bisa jadi tidak dapat menghasilkan energi listrik secara maksimal, kesulitan untuk pemasangan solar panel di area tersebut hingga efisiensi pengunaan solar panel sebagai energi alternatif di area power plant. Semua kompleksitas tersebut perlu diperhitungkan secara matang guna menghasilkan energi listrik yang efektif, efisien dan dapat diandalkan.

Sebagai perusahaan kelistrikan yang telah berpengalaman selama lebih dari 27 tahun, Sewatama dapat membantu menyajikan analisa dan keputusan terbaik dalam memanfaatkan solar panel untuk menghasilkan energi listrik. Tidak hanya pasang solar panel, perhitungan dan analisa yang matang menjadi nilai lebih Sewatama yang mampu menghasilkan energi listrik secara handal. Hal inilah yang membuat Sewatama telah dipercaya oleh banyak perusahaan di berbagai daerah untuk menghadirkan pembangkit listrik energi matahari yang dapat diandalkan.

Related News

Tahukah Anda darimana energi listrik yang mengaliri rumah Anda atau gedung perka...
Tanpa disadari, hampir semua benda yang ada di sekitar kita kini ternyat...
Belum banyak konsumen yang pasang solar panel alias panel surya di Indonesi...

Inform Us What You Need

It pleased us to provide you with solution