Tips / Article - 19 April 2022

Hemat Energi Bisa dimulai dari Proses Audit Energi

Sebagai pengusaha, pemilik atau pengelola gedung, sangat penting untuk senantiasa melakukan konservasi energi lewat proses audit energi listrik oleh perusahaan audit energi yang berkompeten dan berpengalaman. Jangan salah, proses audit energi listrik bukan serta merta tentang menghemat biaya listrik saja. Perusahaan audit energi yang profesional akan melakukan evaluasi dan identifikasi demi efisiensi penggunaan energi listrik yang tepat sesuai kapasitas dan spesifikasi gedung, dan ini bisa berarti bisa mengubah bagaimana cara para karyawan melakukan kegiatan operasional.

 

Konservasi energi berpengaruh pada isu biaya energi dan pengaruh terhadap emisi gas buang, maka penting menerapkan sistem manajemen energi. Aktivitas dalam menghasilkan suatu produk tidak dapat terlepas dari besarnya penggunaan energi listrik. Kenaikan harga energi listrik yang terus terjadi akan berdampak langsung pada melonjaknya biaya produksi, apalagi berdasarkan survei yang dilakukan pada berbagai jenis bidang industri, biaya energi listrik menjadi salahsatu pengeluaran dengan biaya besar dibandingkan dengan biaya-biaya lainnya.

 

Sering ditemukan beberapa kasus bahwa dengan intensitas penggunaan energi listrik yang tinggi, maka dapat menambah jumlah emisi dari proses suatu produksi. Hal ini tentu saja akan menjadi sorotan dengan semakin ketatnya dan tingginya tekanan bagi industri untuk semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan. Fokus audit energi adalah mengidentifikasi, mengukur serta menghitung penyimpangan atau anomali dari penggunaan energi, yang umumnya terjadi apabila energi tersebut berinteraksi dengan mesin (peralatan yang menggunakan energi), manusia, dan metode yang berada dalam suatu sistem proses (proses produksi, dan lain sebagainya).

 

Dengan adanya verifikasi, pemantauan, analisa, laporan teknis serta rekomendasi dari perusahaan audit energi yang profesional dan tersertifikasi, seluruh komponen operasional gedung pun pasti mengalami perubahan dengan kesadaran baru bahwa penghematan energi listrik itu sebenarnya bisa dilakukan dengan beragam cara. Dan hal ini memaksa para pengguna dan penyewa gedung untuk mengeluarkan beragam peraturan atau himbauan berbasis kesadaran konservasi energi.

 

Kegiatan operasional bisa menjadi lebih efektif dan efisien, dan pastinya, lebih ramah lingkungan. Prosesnya, setelah mendapatkan hasil uji, perusahaan audit energi yang bersertifikasi akan menganalisa hasil tersebut melalui suatu kalkulasi dengan menggunakan materi pendukung yang ada (misalnya tabel, bagan). Hasil uji kemudian digunakan untuk menyusun neraca energi, dimulai dari setiap peralatan yang diuji dan selanjutnya instalasi pabrik seluruhnya. Dari neraca energi, dapat ditentukan efisiensi peralatan dan ada tidaknya peluang penghematan biaya energi.

 

Dalam beberapa hal, perusahaan audit energi tidak dapat memberikan rekomendasi mengenai suatu investasi khusus, mengingat risikonya atau karena total investasinya terlalu besar. Dalam hal ini, perusahaan audit energi akan memberikan rekomendasi berupa studi kelayakan untuk merevitalisasi beberapa bagian dari komponen produksi. Misalnya bila suatu pabrik memakai boiler yang kurang efisien, bisa jadi boiler harus diganti setelah dilakukan audit, agar lebih efisein.

 

Dalam metodologi peneliti, perusahaan audit energi memulai dengan pertemuan awal dan kuesioner untuk mengidentifikasi area-area bisnis yang intensif energi. Data kemudian dikumpulkan tentang penggunaan energi, menggunakan akun yang ada, data peralatan, jam operasi dan data beban listrik.

 

Sewatama sebagai perusahaan audit energi tersertifikasi siap dengan solusi manajemen energi untuk konservasi. Sebagai penyedia layanan listrik terpadu, Sewatama memahami bagaimana efisiensi energi melalui audit energi listrik dapat memberikan kontribusi signifikan untuk kelangsungan sebuah bisnis, dan oleh karena itu, salah satu bisnis unit Sewatama berfokus kepada servis penghematan energi dan optimasi energi yang akan memberikan jaminan penghematan biaya energi pada pelanggan. Sewatama sebagai perusahaan audit energi selalu memegang standar tertinggi dalam menjalankan bisnisnya. (SS)

Related News

Attributing to the fulfillment of the obligations of Law No.40 of 2007 on Limite...
Perusahaan penyedia panel surya kini terus melakukan inovasi untuk  me...
Pasokan listrik dimasa kini sudah menjadi kebutuhan primer yang diperluk...

Inform Us What You Need

It pleased us to provide you with solution