News - 19 April 2022

Pengembangan Industri di Indonesia Timur Butuh Banyak Pasokan Energi

Indonesia Timur kini semakin berkembang dan mulai mengejar ketertinggalan. Selama beberapa tahun terakhir, sektor industri di Indonesia Timur berkembang pesat karena dukungan ketersediaan infrastruktur. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kawasan Timur Indonesia, Andi Rukman Karumpa menyatakan bahwa proses realisasi investasi di Indonesia Timur sudah mencapai Rp 119,3 triliun pada tahun 2016.

Listrik Ternyata Masih Langka

Beberapa proyek infrastruktur penting seperti jalan raya Trans Papua, jalur kereta api Sulawesi, dan pembangunan sejumlah bandara baru ternyata membutuhkan banyak pasokan listrik. Sayangnya, hal ini belum diimbangi dengan pemerataan layanan listrik. Berdasarkan data Serikat Rakyat Miskin Indonesia tahun 2014, tingkat keterjangkauan listrik di Indonesia Timur (khususnya Papua) baru mencapai angka 50%.

Keterbatasan pasokan energi di Indonesia Timur tentu harus memperoleh perhatian khusus dari pemerintah. Supaya hal tersebut tidak menghambat proses investasi di sektor industri kawasan tersebut. Bila proses investasi asing dan pengembangan industri di kawasan Indonesia Timur berhasil dicapai pada tahun 2019, maka diperkirakan bahwa nilainya bisa mencapai Rp 164,34 triliun.

Indonesia Timur Semakin Membutuhkan Pasokan Energi

Kebutuhan pasokan listrik di Indonesia Timur berkisar antara 5.000 MW hingga 6.000 MW pada pertengahan tahun 2017. Sayangnya, baru 3.000 MW saja yang berhasil dipenuhi. Padahal pasokan listrik untuk mendukung pengembangan industri wajib segera tersedia. Pemerintah wajib lebih cermat menyiapkan pasokan listrik. Salah satunya melalui kerja sama dengan perusahaan power plant Indonesia.

Perusahaan power plant terpercaya tentu dapat membantu memenuhi kebutuhan listrik dalam skala besar. Bahkan partisipasi perusahaan power plant yang tepat pun terbilang unggul karena lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Risiko kerusakan lingkungan atau gangguan kesehatan jangka panjang pun dapat diminimalkan.

Kesuksesan pengembangan industri di kawasan Indonesia Timur tentu sulit terwujud tanpa dukungan dari pemerintah provinsi. Banyak hal yang wajib dipersiapkan pemerintah provinsi selain kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu yang paling penting tentu saja pengawasan dan pendataan tentang pasokan energi yang sudah diterima di kawasan setempat. Dengan demikian, Indonesia Timur pun akan semakin berjaya dan populer di mata dunia.

Related News

Perusahaan penyedia panel surya kini terus melakukan inovasi untuk  me...
Warm greetings on the occasion of Eid al-Fitr 1445 Hijriyah to you and y...
Sepintas, konservasi energi dan efisiensi energi salahsatunya hemat listrik terl...

Inform Us What You Need

It pleased us to provide you with solution