Tips / Article - 19 April 2022

Jangan Anggap Remeh Perawatan Panel Listrik

Panel listrik merupakan perangkat yang berguna untuk membagi dan mendistribusikan tenaga listrik dari sumber listrik ke penggunanya. Di perangkat tersebut, terdapat sakelar yang berguna untuk mengontrol aliran listrik. Panel listrik bertegangan rendah menjadi tempat pendistribusian energi listrik sebelum disalurkan ke konsumen seperti gedung perkantoran, kawasan industri maupun perumahan. Panel tersebut biasanya diletakkan di luar sumber energi listrik yang berasal dari trafo atau genset.

Sebagai distributor listrik, panel perlu dibuat seaman mungkin agar tidak terjadi masalah dalam sistem kelistrikan. Sebab, panel juga merupakan pusat beban dimana terdapat pemutus sirkuit untuk trip saat panel kelebihan beban. Perangkat keamanan ini berguna untuk mencegah terjadinya kebakaran karena kabel yang terlalu panas akibat kelebihan beban.

Mengingat pentingnya peran perangkat ini dalam mendistribusikan energi listrik serta mengamankan sistem kelistrikan, diperlukan perawatan panel listrik secara berkala. Sayangnya, tidak banyak orang yang peduli untuk melakukan perawatan terhadap panel listrik meski Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) melaporkan bahwa tingkat kegagalan komponen listrik tiga kali lebih tinggi pada sistem kelistrikan yang tidak menjalani perawatan sebagai langkah preventif. Dua penyebab utama kegagalam sistem kelistrikan antara lain longgarnya aliran listrik serta paparan uap air pada komponen bagian dalamnya. Untuk mencegah hal tersebut, langkah-langkah perawatan secara berkala bisa dilakukan dengan menjalankan beberapa hal berikut :

  • Melakukan inspeksi visual jika ada kerusakan secara mekanis, termal, maupun kemungkinan oksidasi
  • Cek aliran listrik panel
  • Periksa suhu panel listrik
  • Periksa kalibrasi perangkat berdasarkan muatan yang terdeteksi
  • Cek alat ukur
  • Cek kualitas sekring dan lampu panel
  • Cek fungsionalitas sirkuit keselamatan
  • Periksa papan terminal dan aliran listrik
  • Lakukan pembersihan pada panel listrik

Langkah-langkah ini bisa dilakukan secara berkala guna memastikan fungsionalitas dari panel listrik sebagai distributor dan pengaman. Jika ada kejadian tidak terduga yang menyebabkan kegagalan fungsi panel listrik, maka dibutuhkan perawatan ekstra terhadap perangkat tersebut. Langkah-langkah perawatan ekstra bisa dilakukan melalui tahapan berikut :

  • Amankan panel listrik dengan menggunakan uji pembukaan sirkuit
  • Deteksi penyebab terjadinya kegagalan serta cari tahu apa solusinya
  • Bersihkan area yang terbakar pada panel listrik
  • Inspeksi secara visual area bar, perangkat, dan bagian isolasi
  • Periksa efisiensi perangkat
  • Lakukan penggantian perangkat, kabel, atau bagian lainnya yang rusak
  • Periksa torsi aliran listrik
  • Matikan aliran listrik sementara dan periksa ketahanan insulasi

Jika langkah-langkah diatas telah dilakukan, nyalakan kembali aliran listrik seperti sediakala. Periksa juga operasi sistem kelistrikan dengan benar untuk memastikan tidak ada masalah dalam sistem kelistrikan khususnya pada perangkat panel listrik.

Langkah-langkah perawatan di atas sangat penting untuk melindungi sistem kelistrikan di sebuah gedung perkantoran, kawasan industri maupun perumahan. Ketika  tidak dirawat secara berkala, potensi kebakaran dan blackout bisa terjadi. Akibatnya, aliran listrik akan terputus dan meningkatkan risiko kecelakaan pada area sekitar.

Agar proses pemeliharaan panel listrik bisa dilakukan secara handal, serahkan proses tersebut kepada pihak yang telah berpengalaman. Sewatama menyediakan jasa perawatan panel dan jasa perawatan trafo untuk pembangkit listrik skala industri maupun gedung perkantoran. Dengan pengalaman selama 27 tahun, Sewatama dapat memastikan aliran listrik di lokasi Anda terpenuhi secara aman dan terawat. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kebakaran maupun blackout karena Sewatama bisa menjadi solusi terpadu untuk masalah kelistrikan Anda. (SS-CC)

Related News

Listrik menjadi kebutuhan primer bagi kehidupan manusia saat ini. Baik d...
Operator pembangkit listrik diperlukan untuk menggerakkan peralatan pembangkit l...
Listrik merupakan salah satu sarana pendukung berbagai aktivitas manusia. Beraga...

Inform Us What You Need

It pleased us to provide you with solution